Oleh: sanginspirasi | 28 April 2011

BELAJAR

Belajar adalaha kegiatan yang sudah biasa kita dengar dan bahkan kita juga sering melakukannya, walupun kadang kita tidak memahami bahwa kita juga sedang belajar. Sebagian kita mungkin menganggab bahwa belajar hanya di bangku sekolah saja. Atau bahasa kerennya di meja formal saja. Padahal sesuai dengan pepatah minang “ALAM TAKAMBANG JADIKAN GURU”, yang artinya bahwa berguru itu bisa ke alam sekitar, atau ke lingkungan, bahwa belajr itu tidak mengenal tempat dan objek khusus. Bahwa belajar itu bukan suatu kegiatan yang dikhususjkan tempat dan kepada siapanya.
Belajar adalah suatau hal yang sanagt penting bagi kita sebagai seoarang manusia, karena degan belajarlah kita bisa tetap mempertahankan hidup kita, meningkatkan kualitas hidup kita, sehingga belajar adalah sebuah ketentuan hidup (sunatullaH) yang kita jalani dalam hidup ini. Dalam surat Al mujadilah ayat 11 yang artinya adalah
Sebagai seorang muslim, belajar adalah sebuah perintah dalam islam. Bahkan perintah pertama dalam islam adalah belajar dengan menggunakan bahaasa “IQRA” (bacalah). Ulama menyepakati bahwa beljar itu hukumnya wajib bagi setiap muslim.
Ada ulama yang kemudian membagi wajib ini sesuai dengan jenis ilmu yang dipelajari menjadi wajib ain (wajib bagi setiap orang) untuk ilmu yang langsung berkenaan dengan hajat hidup dan ibadah rutin, seperti belajar tentang Shalat, puasa, dan lainnya. dan wajib kifayah (wajibnya jadi hilang ketika sudah ada muslim lain yang mempelajarinya), untuk ilmu yang bersifat pendukung kehidupan namun ilmu itu penting, contohnya ilmu kedokteran, ilmu pertanian dan lainnya.
Nah dari sana kita melihat bahwa belajar adalh suatu hal yang wajib dalam islam yang berarti adalah perbuatan yang ahrus kita lakukakn. Dan bejalar ini juga tidak harus di bangku formal atau di sekolah. Termasuk di masjid juga kita dapat melakukan kegiatan belajar, menimba ilmu pengetahuan….termasuk d masjid baitul Makmur kita ini.
Tunggu tulisan berikutnya tentang BELAJAR DI MASJID

(bahan yang mau di muat di buletin Remaja Masjid Az Zahra


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: